SEJARAH

SMK Negeri Kebasen berdiri sejak tahun 2010. Berawal dari ide Tokoh masyarakat Desa Kebasen yaitu Bapak Ratal, sekolah tersebut dibangun sebagai upaya untuk menampung para lulusan siswa/siswi tingkat SLTP yang berlokasi di Desa Kebasen khususnya dan desa-desa di Kecamatan Kebasen dan sekitarnya.

Berdirinya SMK Negeri Kebasen juga bertujuan sebagai bentuk upaya memfasilitasi serta merealisasikan potensi dan animo masyarakat khususnya Desa Kebasen dan sekitarnya dalam melanjutkan studi dari tingkat SLTP ke jenjang SLTA. Kemudian tercetuslah ide dari Bapak Ratal dan rekan-rekannya pada acara pertemuan Kelompok Tani Desa Kebasen dengan Bupati Banyumas yang di hadiri oleh Wakil Bupati Banyumas yaitu : Ir. Achmad Husein pada acara Panen Raya Musim Tanam Tahun 2009-2010 yang dilaksanakan di Lokasi Sawah Desa Kebasen.

Dalam acara Panen Raya tersebut salah satu agenda yang diusulkan dalam forum penyampain aspirasi  dari masyarakat yaitu adanya Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang berada di Desa Kebasen. Usulan yang disampaikan pada saat itu mendapat sambutan yang baik dari Bapak Wakil Bupati Banyumas sekaligus memerintahkan kepada Camat Kebasen untuk menindaklanjuti dengan mengundang para Kepala Desa se Kecamatan Kebasen bersama tokoh masyarakat Desa Kebasen untuk membahas pendirian SMK di Desa Kebasen.

Dari beberapa pertemuan yang telah dilaksanakan dan mendapat persetujuan adanya pendirian SMK Negeri Kebasen, kemudian Camat Kebasen membuat permohonan pendirian SMK Negeri Kebasen kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banymas dengan tembusan Bupati Banyumas.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas untuk mendapatkan persetujuan pendirian SMK Negeri Kebasen antara lain : tanah yang akan dibangun sekolah tersebut bukan tanah milik Pemerintah dan Desa, tempatnya strategis serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.

Lokasi Pembangunan Sekolah SMK Negeri Kebasen diatas tanah seluas 1,5 ha. Sambil menunggu pembangunan gedung tersebut selesai, pada tanggal 01 Juli 2010 SMK Negeri Kebasen pada awal berdirinya telah menerima pendaftraan siswa baru menempati dan meminjam Sekolah SMP Negeri 1 Kebasen di Desa Kalisalak dengan 4 (empat) jurusan yaitu : Jurusan Body Otomotif, Jurusan Tata Boga, Jurusan Kriya. Untuk Jurusan Kriya karena peminatnya tidak ada hanya satu siswa, maka pihak sekolah mengajukan jurusan baru yaitu akuntansi yang waktu itu penutupan PPDB hanya kurang dari dua minggu. Alkhamdulillah akhirnya di tahun pertama mendapatkan siswa sebanyak 100 siswa dengan eprincian, Bodi Ototmotif dua rombel, akuntansi satu rombel dan jasa boga satu rombel.  Sampai saat ini jumlah siswa di SMKN Kebasen berjumlah 968 siswa dengan total rombel 30 dan tiap tingkatan 10 rombel dengan pembagian masing–masing rombel untuk jasa boga tiap tingkatan dua rombel, bodi otomotif empat rombel dan akuntasi empat rombel.

Pada Tahun Ajaran 2011-2012 SMK Negeri Kebasen telah menempati gedung yang baru dengan Susunan Komite sebagai berikut :

 

Ketua              : – Drs. Sadimin, M.Pd

Anggota          :
  • Sudaryo (Alm)
  • H. Iwan Setiawan
  • Drs. Sumarno
  • Sri Winarti
  • Bambang Setiyadi  (kades Kalisalak)
  • H.  Munajat Achmad
  • Poniran (Kades Tumiyang)
  • Ratal
  Letak geografis SMK Negeri 1 Kebasen berada di Jalur Kebasen – Kalisalak Desa Kebasen Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Berikut Kepala Sekolah SMK Negeri Kebasen dari 2010 – Sekarang :
  1. Asep Saeful Anwar, S.P                          Periode Juni – Agustus 2010
  1. Dra. Nuraeny Haryanti                           Periode Agustus 2010 – September 2012
  1. Drs. Bambang Saptono                          Periode September 2012 – Juli 2016
  1. Drs. Witoto                                               Periode Juli 2016 – September 2019
  1. Prihatin Widiyanto, S.Pd                       Periode September 2019 – Sekarang
  Kepala Sekolah SMK Negeri Kebasen   Prihatin Widiyanto, S.Pd NIP. 19721102 200003 1 004